Untuk tetap bersaing dengan TikTok, Instagram terus mengeluarkan fitur-fitur baru yang bermanfaat bagi merek maupun pencipta konten. Setiap kali saya masuk ke Instagram, saya selalu disambut dengan beberapa alat dan fitur baru untuk membuat, mengatur, dan mempromosikan konten saya.

Jika Anda seperti saya yang membutuhkan bantuan untuk mengingat semua perubahan ini, berikut ini adalah ringkasan 11 fitur baru yang sebaiknya wajib Anda coba integrasikan ke dalam strategi pemasaran Instagram Anda di tahun 2023.

11 Fitur Baru Instagram yang Wajib Anda Coba di 2023

1. Template Reels

Menurut Instagram, 91% pengguna Instagram aktif menonton video di aplikasi setiap minggunya - jadi Reels adalah alat yang harus dimanfaatkan oleh para marketer jika belum melakukannya. Jika membuat Instagram Reels terasa menakutkan, maka fitur baru Template Reels dari aplikasi ini mungkin bisa membantu Anda membuat video lebih cepat.

Template Reels adalah template prabuild yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk membuat Reels dengan lebih cepat dan efisien. Untuk mengakses sebuah template, cari sebuah Instagram Reel yang ingin Anda gunakan sebagai template. Reel tersebut harus memiliki musik dan setidaknya tiga klip. Setelah menemukan video yang Anda inginkan, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah 1: Tap tiga titik di samping kanan Reel yang ingin Anda gunakan.
  • Langkah 2: Tap Gunakan Sebagai Template.
  • Langkah 3: Tap Tambah Media di bagian bawah dan pilih foto dan klip video yang ingin Anda gunakan di Reel Anda. Gambar-gambar ini akan menggantikan yang ada di Reel asli.
  • Langkah 4: Klik Selesai atau Lanjut, pratinjau Reel Anda dan bagikan ketika Anda puas dengan hasilnya.
Instagram Reels Template

2. Dual Camera

Fitur dual camera baru Instagram memungkinkan pengguna untuk merekam konten dengan kamera belakang sambil menggunakan kamera depan. Gambar dari kamera belakang akan menempati sebagian besar layar, sementara gambar dari kamera depan akan muncul di jendela kecil di samping. Fitur dual camera hanya tersedia saat merekam Reels.

Instagram Dual Camera

3. Remix Foto

Sejak tahun 2021, pengguna Instagram bisa menggunakan fitur remix Reels untuk membuat konten sendiri, bekerjasama dengan pencipta konten, atau bereaksi terhadap sebuah video. Sekarang, fitur remix juga bisa diterapkan ke foto Instagram. Cara terbaik yang bisa saya jelaskan tentang fitur remix adalah mirip dengan fitur "Duet" di TikTok, yang memungkinkan pengguna menempelkan foto atau video mereka pada foto atau video orang lain.

Di Instagram, Anda bisa menempelkan video atau gambar Anda pada Reel atau foto orang lain dan mengunggahnya sebagai sebuah Reel. Anda juga bisa menambahkan stiker, polling, dan teks untuk lebih "remix" konten.

Instagram Remix

4. Stiker Interaktif

Banyak stiker interaktif yang telah tersedia di Instagram Stories sekarang juga tersedia untuk Reels. Para marketer dan pencipta konten bisa menggunakan stiker-stiker berikut di Reels mereka untuk menarik perhatian audiens:

  • Polling: Dapatkan pendapat pengikut Anda atau mintalah mereka memilih apa yang seharusnya menjadi konten selanjutnya.
  • Quiz: Uji pengetahuan audiens atau gunakan fitur ini untuk mengajari mereka sesuatu yang baru.
  • Emoji Slider: Izinkan pemirsa untuk menunjukkan bagaimana konten atau topik tertentu membuat mereka merasa.
Instagram Stiker Interaktif

5. Pin Postingan

Apakah ada konten yang tidak ingin hilang di feed Anda? Anda bisa menempelkannya di bagian atas profil Anda menggunakan fitur pin postingan Instagram. Untuk melakukannya, pilih Reel atau foto yang ingin Anda tempelkan. Di sudut kanan atas posting tersebut, tap tiga titik dan "Tempelkan ke profil Anda". Setelah itu, posting Anda akan muncul di bagian atas feed.

Fitur pemasangan sangat bagus untuk:

  • Menarik perhatian terhadap promosi yang sedang berlangsung
  • Menampilkan sebuah acara
  • Memperlihatkan konten terpopuler Anda.
Instagram Pin Postingan

6. Pesan Partnership

Telah lama berlalu masa-masa kehilangan kesempatan karena inbox yang penuh. Sekarang, bisnis dan konten kreator bisa dengan cepat menemukan dan mengelola komunikasi mereka di satu tempat - Pesan Partnership.

Pesan partnership memiliki sub-folder sendiri di tab Pesan Langsung. Pesan-pesan ini melewati folder permintaan dan mendapat tempat prioritas - membuatnya lebih mudah daripada sebelumnya untuk menemukan dan mengelola konten berlabel partnership.

Instagram Pesan Partnership

7. Temukan Konten Kreator

Instagram resmi berperan sebagai pemandu jodoh dengan seperangkat alat baru untuk membantu merek dan konten kreator bersatu.

Mari mulai dari sisi pencipta konten - pengguna bisa menambahkan merek ke dalam daftar merek yang disukai. Ketika sebuah merek mencari pencipta konten untuk bekerja sama, mereka yang memiliki merek tersebut di daftar mereka akan muncul di bagian atas hasil pencarian. Ini memudahkan merek untuk menemukan pencipta konten yang sudah menunjukkan minat.

Merek juga bisa memfilter pencipta konten berdasarkan jumlah pengikut, usia, jenis kelamin, dan lokasi - yang diyakini Instagram akan membantu merek "mengorganisir daftar singkat untuk mudah mengelola beberapa kampanye."

Instagram Temukan Konten Kreator

Fitur ini hanya tersedia untuk akun konten kreator dan akun bisnis.

8. Caption Otomatis untuk Reels dan Stories

Caption Otomatis untuk Reels dan Stories Instagram

Stiker caption Instagram awalnya hanya tersedia untuk stories, tapi sekarang aplikasi ini telah memperluasnya ke Reels. Fitur ini secara otomatis mengubah apa yang seseorang katakan dalam video menjadi teks sehingga pengguna bisa menonton tanpa suara.

Sekarang, audiens bisa terlibat dengan video Anda - dengan atau tanpa suara. Fitur ini juga merupakan langkah besar dalam membuat konten Instagram lebih terjangkau.

9. Fitur Kalender

Berikut adalah kabar menyenangkan bagi Anda yang memiliki profil bisnis - Instagram berencana untuk menggandakan periode pelacakan data dalam Instagram Insights dari 30 hingga 60 hari.

Para marketer media sosial akhirnya bisa meninggalkan aplikasi pihak ketiga yang memberikan periode pelacakan yang lebih lama. Sebaliknya, informasi ini akan tersedia langsung di dalam Insights. Ini adalah contoh yang bagus dari Instagram yang mendengarkan umpan balik dari pengguna yang meminta upgrade seperti itu selama berbulan-bulan.

Fitur Kalender Instagram

10. Fitur Berlangganan

Instagram meluncurkan fitur Berlangganan baru tahun ini - fitur yang memungkinkan konten kreator untuk menagih biaya berlangganan bulanan untuk konten dan manfaat eksklusif.

Dengan Berlangganan, pencipta konten menetapkan harga berlangganan bulanan sesuai keinginan mereka, dan tombol berlangganan akan muncul di profil mereka. Mereka bisa menawarkan beragam manfaat kepada pelanggan - seperti siaran langsung eksklusif dan Stories.

Fitur ini merupakan bagian dari upaya yang lebih besar untuk membantu konten kreator menghidupi diri di platformnya - insentif bagi konten kreator untuk tetap di sana. Fitur ini juga memungkinkan konten kreator untuk mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan pengikut mereka.

Fitur baru ini muncul setelah Twitter mengumumkan model berlangganan yang serupa - Twitter Blue - jadi aman untuk dikatakan lebih banyak platform mungkin akan menambahkan fitur berbasis berlangganan untuk menarik konten kreator.

Fitur Berlangganan Instagram

11. Balasan Visual di Reels

Fitur lain yang terinspirasi dari TikTok yang muncul di Instagram adalah balasan visual, yang berarti pengguna bisa memberikan komentar di Reels - dengan Reel lain.

Jika Anda membuat video singkat di Instagram Reels, sekarang Anda bisa memberikan komentar, seperti fungsi balasan TikTok. Ini adalah cara yang sangat menarik dan interaktif untuk terlibat dengan pengikut dan membawa mereka - dan sebaliknya.

Balasan Visual di Reels Instagram

Kesimpulan

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia. Namun, platform ini tidak hanya tumbuh - ia juga terus berkembang. Dan Instagram akan terus berkembang selama aplikasi seperti TikTok terus merubah cara bermain dalam pemasaran video online. Pemikiran yang sangat logis jika strategi pemasaran media sosial Anda juga berubah untuk memanfaatkan fitur baru ini.